Gede on Water

No life without water, menapak jejak air, mengalir sampai jauh.

Minggu, Januari 01, 2012

IPA atau IPAM?

IPA atau IPAM?


Catatan akhir tahun 2011 untuk teman-teman di PDAM.


PDAM adalah singkatan dari Perusahaan Daerah Air Minum. Lantas, mengapa instalasi pengolahan airnya disingkat IPA, bukan IPAM?

Menurut leksikologi, istilah IPA kurang tepat, terlebih lagi dikaitkan dengan singkatan PDAM, yaitu ada huruf A dan M. Pada peraturan menteri pun singkatan ini disebut AM (air minum). Merujuk pada aturan penulisan, tulisan IPAM lebih tepat daripada IPA, apalagi kalau dikaitkan dengan istilah tandingannya, yaitu IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah).

Namun demikian, agar tetap hemat, istilah IPA yang ditulis di dinding-dinding unit pengolah dan papan nama di PDAM, biarkan saja sampai nanti saatnya ada pengecatan kembali. Ketika dicat ulang inilah selayaknya kata IPA diganti dengan kata IPAM dan semua laporan, dokumen, dll sebaiknya menggunakan kata IPAM. Terlebih lagi sejak tahun 2010 pemerintah makin menggiatkan pembuatan rencana induk (master plan) yang berkaitan dengan air minum dan disingkat RISPAM (Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum), bukan RISPA.

Kalau semua sudah satu “suara”, seragam dalam hal istilah atau singkatan seperti ini: PAM (Penyediaan Air Minum, mata kuliah di Teknik Lingkungan), PBPAM (Perencanaan Bangunan Pengolahan Air Minum, mata kuliah di TL), BPAM, PDAM, BPPSPAM, IPAM, RISPAM, dst maka mudah-mudahan nanti ada keselarasan dan perbaikan di bidang air minum, dimulai dari hal-hal yang dianggap sepele seperti di atas.

NB. Sssssstttt…, ada satu yang bukan, tapi “tegap, kekar, dan keren abis”, yaitu PAM dalam PASPAMPRES. *

1 Comments:

At 12:58 PM, Anonymous Anonim said...

Pak Gede, saya kok lebih setuju dengan istilah/singkatan IPA, bukan IPAM. Bedakan dengan IPAL (instalasi pengolahan air limbah), yang diolah adalah air limbah, sehingga wajar ada Instalasi Pengolahan Air Limbah.
Kalau air minum, yang diolah bukan air minum, tetapi air baku. Air minum adalah produk, jadi kurang tepat kalau ada istilah "pengolahan air minum".

Air limbah --> INPUT
Air minum --> PRODUK

Kalau "sistem penyediaan air minum" itu tepat karena air minum itu disediakan (disuplai) -- ada istilah water suplai. Dalam bahasa inggris ada water treatment (bukan drinking/potable water treatment) dan wastewater treatment.

 

Posting Komentar

<< Home